Kualitas pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam memberikan kepercayaan bagi pasien terhadap layanan kesehatan sehingga pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang gambaran kualitas pelayanan kesehatan pada pasien rawat jalan di Puskesmas Pendang Kecamatan Dusun Utara dan Puskesmas Patas Kecamatan Gunung Bintang Awai. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 108 responden yang diambil dengan tekhnik total sampling dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Responden penelitian ini yaitu pasien rawat jalan di Puskesmas Pendang dan Puskesmas Patas yang berkunjung lebih dari tiga kali. Hasil penelitian yaitu dari kelima dimensi kualitas pelayanan kesehatan pada pasien rawat jalan di Puskesmas Pendang terbanyak pada tanggapan sangat baik (60,6 %) dengan nilai mean yaitu 4,28. Sedangkan pada Puskesmas Patas terbanyak pada tanggapan baik (64,3 %) dengan nilai mean yaitu 4,2. Kelima dimensi kualitas pelayanan kesehatan sangat menentukan kualitas dari Puskesmas tersebut sangat baik atau tidak dengan tidak mengabaikan salah satu dari kelima dimensi kualitas pelayanan kesehatan yang ada. Disarankan kepada Puskesmas Pendang untuk meningkatkan dimensi Tampilan/Bukti fisik dan empati. Dan kepada Puskesmas Patas untuk meningkatkan dimensi jaminan, tampilan/bukti fisik, empati, dan keandalan.
Copyrights © 2020