Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 6, No 2 (2022)

Pencapaian Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Banda Aceh

Syarifah Riskiatul Ulya (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Nova Fajri (Bagian Keilmuan Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Sri Agustina (Bagian Keilmuan Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Tugas perkembangan anak sekolah dasar banyak distimulasi dari lingkungan sekolah. Namun demikian, perubahan aktivitas belajar dan sistem pembelajaran di masa Pandemi COVID-19 mungkin dapat mempengaruhi pencapaian tugas perkembangan tersebut sehingga menjadi penting untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pencapaian tugas perkembangan anak sekolah dasar pada masa Pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross sectional study yang melibatkan 86 orang ibu yang dipilih secara proportional sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dengan kuesioner self report. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas perkembangan anak sekolah dasar memperoleh skor median sebesar 121,50. Penelitian ini memperlihatkan kondisi yang memerlukan perhatian dari berbagai pihak termasuk orang tua, guru, perawat komunitas dan perawat anak dalam merancang kegiatan yang dapat meningkatkan tugas perkembangan anak sekolah dasar. Oleh karena itu, diharapkan perawat dapat berkolaborasi dengan pihak sekolah, keluarga, Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan Dinas terkait lain dalam memberikan permainan edukasi terutama yang banyak melibatkan teman sebaya dan mengurangi penggunaan gadget.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...