Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Vol. 12 No. 2 (2020): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry

Proyek Video Sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kimia Dasar

Julia Mardhiya (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Hanifah Setiowati (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarnng)
Lenni Khotimah Harahap (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2021

Abstract

[ Video Project As an Alternative Assessment in Learning Basic Chemistry Courses ] Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa dalam penggunaan tugas proyek video sebagai asesmen alternatif pada mata kuliah Kimia Dasar selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari calon guru (N = 80) yang diberikan tugas proyek video untuk menjelaskan materi dan soal-soal pada mata kuliah Kimia Dasar. Di akhir sesi, mahasiswa mengisi kuesioner untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai pembelajaran denga tugas proyek video. Wawancara juga dilakukan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon positif pada tugas proyek video memberikan manfaat bagi mahasiswa yaitu mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan, meningkatkan motivasi, dan kemandirian dalam belajar. Selain itu, tugas proyek video ini juga memberikan manfaat dalam kerja tim dan peningkatan keterampilan dalam menggunakan teknologi untuk belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jisic

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but ...