Pendidikan adalah kegiatan yang mengharapkan perubahan pada diri seorang peserta didik yang dilihat dan diukur kemampuannya berdasarkan hasil belajar yang ia peroleh. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, maka diperlukan metode belajar yang efektif. Artikel ini akan mengemukakan pengaruh metode ceramah pada hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini penulis menggunakan sebagian dari seluruh jumlah populasi sampel. Variabel yang digunakan yaitu 2 variabel: Variabel X (variabel bebas) dan Variabel Y (variabel terikat). Variabel X merupakan metode ceramah yang dilihat pada hasil Pre-Test, sementara Variabel Y merupakan hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Indikator penilaian dalam penelitian ini diambil dari hasil kuesioner yang telah peneliti sebar. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK PGRI 1 Prabumulih, Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Maka dari penelitian ini bertujuan untuk memberi kesimpulan atau dampak dari metode ceramah terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Sejarah Indonesia serta variasi metode belajar yang dapat diterapkan guru untuk mendampingi metode ceramah agar lebih efektif dan menghasilkan perubahan pada diri peserta didik.
Copyrights © 2023