Jurnal Mahasiswa Kesehatan
Vol. 2 No. 1 (2020): OKTOBER 2020

PENGARUH PELATIHAN MENGGOSOK GIGI DENGAN METODE STORYTELLING TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Meto, Meto (Unknown)
Anugraheni, Ifana (Unknown)
Yunalia, Endang Mei (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Ketrampilan menggosok gigi pada anak usia prasekolah perlu dilatih agar anak memiliki ketrampilan menggosok gigi, salah satu cara yang dapat digunakan adalah menggosok gigi dengan metode bercerita. Hasil survey awal yang dilakukan menunjukkan masih rendahnya ketrampilan menggosok gigi anak prasekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan menggosok gigi menggunakan metode storytelling terhadap kemampuan menggosok gigi pada anak praskolah. Penelitian Pre Eksperimen ini menggunakan rancangan One Group Pretest dan Posttest dengan jumlah sampel 70 responden yang dipilih dengan metode Purposive Sampling. Hasil uji statistik dengan menggunakan Uji Wilcoxon menunjukkan p-value = 0,000 (α ≤ 0,05), artinya ada pengaruh pelatihan menggosok gigi dengan metode story telling terhadap ketrampilan menggosok gigi pada anak usia prasekolah. Melatih anak usia prsekolah dalam menggosok gigi menggunakan metode bercerita ini sesuai untuk diterapkan pada anak usia prasekolah karena dengan metode bercerita pesan yang disampaikan lebih mudah diterima oleh anak. Kata kunci— Pelatihan menggosok gigi, Prasekolah, Storytelling

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jumakes

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Mahasiswa Kesehatan adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri yang diperuntukkan untuk penerbitan jurnal oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri. Publikasi jurnal mahasiswa yang memuat tulisan ilmiah hasil- hasil penelitian maupun ...