Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 1 (2022): June

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN APLIKASI GOOGLE MEET MASA PANDEMI COVID-19

Hana Dwi Prasiwi (Universitas Ibn Khaldun)
Fajril Miftahul Qirom (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Helmi Yahya Rosyada (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
M. Faisal Fahri (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Rini Yulianti (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Shafira Zahra Nur Ghifari (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Di tengah pandemi Covid-19 ini kebanyakan sekolah mengalihkan pembelajaran mereka menjadi online. Model kooperatif pun masih tetap dapat digunakan walaupun menggunakan perantara aplikasi pembelajaran online. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan model kooperatif dengan menggunakan aplikasi Google Meet pada pembelajaran PAI dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi secara langsung dan juga dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif yang dilakukan secara online dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu pembukaan kegiatan pembelajaran, penyampaian materi oleh presentator yang bertugas, sesi tanya jawab, dosen melengkapi pembahasan, dan penutup. Pembelajaran koperatif dengan menggunakan aplikasi Google Meet dinilai cukup efektif karena sangat memudahkan pelajar dalam mengakses, bisa dilakukan dimana saja, tidak memakan banyak kuota, tidak berbatas waktu, dsb. Akan tetapi, perlunya kuota/jaringan yang stabil saat pembelajaran juga sering mengganggu pelajar dan terkadang juga tidak fokus dalam menangkap materi yang dijelaskan. Kata Kunci: Pembelajaran online, model pembelajaran kooperatif, aplikasi Google Meet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tuladha

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar published research result of elementary education, including the following: Thematic learning Elementary mathematics Learning development Literation Thinking process Elementary school ...