Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika: Volume 4 Nomor 2 Agustus 2022

Analysis of students' mathematical logical thinking in terms of emotional intelligence

Indrayadi, Alviansyah Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Kecerdasan emosional dan berpikir logis matematis merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir logis matematis siswa trigonometri ditinjau dari kecerdasan emosional. Data dikumpulkan menggunakan skala kecerdasan emosional, tes berpikir logis matematis, dan pedoman wawancara. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 sebuah madrasah aliyah di Kabupaten Bantul. Kelas tersebut dipilih karena berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru, siswa di kelas tersebut terdiri dari siswa dengan berbagai karakteristik kemapuan matematis. Pengumpulan data diawali dengan pengambilan data skala kecerdasan emosional, dilanjutkan dengan memberikan tes, dan setelahnya dilakukan pengambilan data melalui wawancara. Adapun tahap analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir logis matematis berdasarkan tingkat kecerdasan emosional siswa. Perbedaan yang dimaksud adalah dua atau lebih siswa yang masing-masing berasal dari tingkat kecerdasan emosional yang berbeda memiliki perbedaan pula dalam kemampuan berpikir logis matematis. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk penelitian berikutnya yang serupa. Selain itu apabila guru hendak memilih strategi pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis berdasarkan tingkat kecerdasan emosional siswa, maka penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai referensi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) is a scientific journal published by Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta incorporating with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika (Admapeta). It published twice a year (in February & ...