INTAN CENDEKIA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
Vol 2, No 1 Juni (2021): INTAN CENDEKIA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RPP “SATU HALAMAN” BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Evitasari, Atika Dwi (Unknown)
Utaminingtyas, Siwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Abstrak. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah mendampingi guru-guru dalam menyusun RPP “satu halaman” dengan baik. Sasaran dari kegiatan pendampingan ini adalah guru Sekolah Dasar. Kegiatan yang dilaksanakan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, simulasi, dan latihan. Kegiatan pendampingan yang telah dilakukan diperoleh bahwa peserta sudah mampu menyusun RPP sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. RPP tersebut hanya terdiri dari tiga komponen utama yaitu (1) tujuan pembelajaran; (2) kegiatan pembelajaran; dan (3) penilaian pembelajaran. Ada beberapa hal yang ditemukan selama kegiatan pendampingan penyusunan RPP adalah sebagai berikut (1) RPP yang disusun oleh peserta masih lebih dari “satu halaman”; (2) Beberapa tujuan pembelajaran yang disusun belum mengikuti format Audience, Behavior, Condition, dan Degree (ABCD); (3) Beberapa peserta masih kesulitan memilih model pembelajaran yang tepat; (4) Adanya beberapa aktivitas belajar peserta didik yang belum sesuai dengan sintaks atau langkah-langkah model pembelajaran yang dipilih; dan (5) Beberapa peserta masih kebingungan dalam menentukan penilaian terkait kompetensi afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan) mengingat kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring.Kata Kunci: RPP, surat edaran, Nomor 14 Tahun 2019. Abstract. The purpose of this activity is to assist teachers in preparing a “one page” lesson plan properly. The target of this mentoring activity is elementary school teachers. Activities carried out using the lecture method, question and answer, simulation, and exercises. Assistance activities that have been carried out show that participants have been able to prepare RPP in accordance with the Circular of the Minister of Education and Culture Number 14 of 2019. The RPP only consists of three main components, namely (1) learning objectives; (2) learning activities; and (3) learning assessment. There are several things that were found during the RPP preparation assistance activities, which are as follows (1) The lesson plans compiled by participants are still more than “one page”; (2) Some of the learning objectives that have been prepared have not followed the Audience, Behavior, Condition, and Degree (ABCD) format; (3) Some participants still have difficulty choosing the right learning model; (4) There are several learning activities of students that are not in accordance with the syntax or steps of the selected learning model;  and (5) Some participants are still confused in determining assessments related to affective (attitude) and psychomotor (skills) competencies considering that learning activities are carried out online.Keywords:  lesson plan, circular letter, Number 14 of 2019.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Intan_Cendekia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Intan Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Intan Cendekia bekerjasama dengan Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) NTB. Jurnal ini mempunyai komitmen untuk menyebarluaskan hasil pengabdian kepada masyarakat yang mempunyai ...