Jurnal Teknik Elektro dan Komputer
Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer

Perbandingan Akses Mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Daring dalam Penerapan Flipped Classroom

Daniel Febrian Sengkey (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi)
Sary Diane Ekawati Paturusi (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi)
Alwin Melkie Sambul (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Meskipun media pembelajaran sangat massif digunakan dalam pendidikan berbasis Teknologi Informasi, tetapi penelitian-penelitian tentang media pembelajaran masih menyisakan berbagai macam pertanyaan terkait penggunaan, preferensi mahasiswa dan efikasinya. Penelitian ini membahas 3 jenis media yang digunakan dalam 2 mata kuliah yang menerapkan flipped classroom. Media-media tersebut adalah teks dan gambar, rekaman slideshow dengan suara dari pengajar, dan rekaman slideshow dengan tampilan dari pengajar yang sementara menjelaskan. Artikel ini berfokus pada perbandingan jumlah akses serta durasi dari akses perdana relative terhadap jadwal kuliah dari ketiga media yang diteliti. Hasil penelitian ini menemukan media dengan teks dan gambar sebagai media yang relatif sering diakses. Di sisi lain, media dengan rekaman audio menjadi media yang umumnya diakses lebih awal dibandingkan kedua jenis media pembelajaran lainnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elekdankom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

This e-journal is a publication and information forum for papers, theses, research, planning, and design concepts, as well as analysis from students, lecturers, or other writers. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including : Electronics ...