Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading
Vol. 1 No. 2 (2022): September

PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Nuranna (Unknown)
nana Harlina Haruna (universitas sawerigading makassar)
risnawati (universitas sawerigading makassar)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa melalui pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa pada Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 45 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: (1) pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 15 orang (33,33%), (2) pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 39 orang (86,67%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II, dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mangalami perubahan kearah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sawerigading Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi berupa akademis tentang pembelajaran dan pendidikan matematika, hasil ...