Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Campalagian. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui tahapan perencanaan (Planning), pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observing, dan refleksi (Reflection). Dalam proses pembelajaran siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dalam menerapkan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika social. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes akhir siswa. Pada siklus I dimana rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemecahan masalah siswa adalah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang 39,13% dan siswa yang belum tuntas sedangkan sebanyak 14 orang atau 60,87% belum tuntas.sedangkan pada siklus II rata-rata nilai tes hasil kemampuan pemecahan masalah sisiwa adalah sebanyak 21 orang atau 91,30% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 8,70%. Disamping itu sebagian besar memiliki sikap disiplin, jujur, tanggung jawab serta kerjasama dalam pembelajaran sudah meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil ini telah melampaui kriteria ketuntasan klasika di VII SMP Negeri 3 Campalagian yaitu 85%. Ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023