Gulawentah:Jurnal Studi Sosial
Vol. 8 No. 2 (2023)

Profesionalisme guru dalam kerangka pembelajaran abad 21

Yusro, Andista Candra (Unknown)
Kuswandi, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Profesioalisme guru menjadi salah satu faktor krusial dalam kerangka sistem pendidikan nasional Indonesia. Guru menjadi pioner dalam menciptakan lingkungan belajar dan pengelamanan belajar yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, karaterisik siswa dan karateristik konten materi pembelajaran. Untuk mengetahui bagaimana profesioanlisme guru ini dibentuk dalam kerangka pembelajaran abad 21 dilakukan kajian kepustakaan ini. Kajian kepustakaan ini dilakukan dengan mengkaji artikel ilmiah, buku dan sumber referensi lain yang mendukung dengan teknik analisis deduktif dan interpretatif. Pendekatan yang lebih holistik dan memberdayakan kedepan perlu untuk menghargai guru sebagai intelektual dan mendorong pertumbuhan profesional mereka yang berkelanjutan. Penguasan teknologi informasi perlu menjadi keterampilan yang mendukung guru dalam mendesain pengalaman belajar dan lingkungan belajar sesuai karakteristik pembelajaran abab 21. Paradigma guru sebagai penyampai pengetahuan, perlu di tambahkan dengan guru sebagai ahli dalam merancang pengalaman intelektual pebelajar. Guru senantiasa mengembangkan profesionalisme dengan melakukan upgrading dengan cara pembelajaran mandiri dan mengikuti pelatihan profesional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gulawentah

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

gulawentah: Jurnal Studi Sosial with regitered number ISSN : 2528-6893 (print) , e-ISSN : 2528-6871 is scientific journals which publish articles from the fields social science and social science ...