Pharmaceutical Science Journal
Vol 3, No 1 (2023): Pharmaceutical Science Journal Vol 3 No 1, 2023

GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK GELORA MEDIKA

Kurnia Kusumawati (Unknown)
Marcel Haggai (Politeknik Kesehatan Genesis Medicare)
Sumartini Sumartini (Politeknik Kesehatan Genesis Medicare)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Pelayanan kefarmasian dimaksudkan untuk meningkatkan mutu hidup dari pasien. Salah satu cara mengetahui kualitas pelayanan kefarmasian di apotek adalah dengan melakukan survey kepuasan terhadap pelanggan. Kualitas pelayanan berdasar pada lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, empathy dan assurance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Gelora Medika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 101 responden, pria atau wanita, berusia 18 sampai 60 tahun dan membeli obat di apotek gelora medika pada bulan April dan mei 2022. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas lalu dianalisa menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan konsumen yang merasa puas sebanyak 79%; merasa sangat puas 13%; dan merasa cukup puas 8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Gelora Medika berjalan baik. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Phrase

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Pharmaceutical Science Journal is a periodical scientific journal published by Pharmacy Major in STIKes Widya Dharma Husada. Pharmaceutical Science Journal accepts scientific papers in the form of research reports (original article research papers), systematic review, and meta analysis with focus ...