Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2024): Artikel Pendidikan Bag.2

ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDIT PERSIS 99 RANCABANGO

Ayu, Ayu Faza Fauziyyah (Unknown)
Herdiana, Dodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan  metode pembelajaran berbasis proyek dalam hal peningkatan aktivitas siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDIT Persis 99 Rancabango pada materi Gerhana Matahari dan Bulan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui beberapa tahapan diantaranya pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran, siswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena metode yang digunakan hanya bersifat ceramah dan monoton. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran dalam penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran berbasis proyek adalah pendekatan ilmiah dan terdiri dari beberapa tahap, termasuk mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, penalaran, dan berkomunikasi. Melalui berbagai tahapan tersebut, peserta didik dapat meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Keaktifan Siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Other

Description

Journal of Education (JOE) adalah wadah bagi peneliti pendidikan yang ingin mempublikasikan hasil dari penelitiannya. Artikel yang kami himpun adalah artikel-artikel ilmiah dari berbagai jenis baik itu PTK, Skripsi, Tesis, Disertasi atau pun penelitian lainnya yang membahas tentang disiplin ...