Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Creativity and Innovation Skills MahasiswaPendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi pada mata Kuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi.Analisis data mengunakan teknik analisis data kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL yang dapatmeningkatkan creativity and innovation skills mahasiswa. Hal ini dilihat pada siklus I dan IIpembelajaran yang telah dilaksanakan. Peningkatan hasil tes kemampuan adalah 25,89%.Peningkatan diperoleh dari hasil pencapain evaluasi pada siklus I 59,50% dengan kategori sedang,naik menjadi 85,39% pada siklus II. yang artinya 25 dari total 28 mahasiswa memperoleh creativityand innovation skills. Terjadi peningkatan aktivitas belajar dalam menerapakan model pembelajaranPjBL sebesar 18,82%. Peningkatan aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan observasi yangdilakukan pada siklus I yakni 62,52% atau terkaterori cukup dan pada siklus II meningkat 81,34%atau kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan dapatdisimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) yang dapatmeningkatkan kemampuan creativity and innovation skills mahasiswa pada mata kuliah StrategiPembelajaran Ekonomi. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I dan siklus II pembelajaranyang telah dilaksanakan. 2) Terjadi peningkatan aktivitas belajar dalam menerapakan modelpembelajaran project based learning (PjBL).Kata kunci: PjBL, Creativity and Innovation Skills
Copyrights © 2021