Makan di luar rumah telah menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia. Dengan kegiatan danmobilitas manusia yang semakin tinggi maka kegiatan makan di luar rumah memiliki beragammotivasi, antara kebutuhan, kesenangan, dan hiburan. Makan di luar rumah juga melekat dengansimbolisasi gaya hidup sebagai sarana aktualisasi diri. Namun dengan merebaknya pandemi Covid19,kegiatan makan di luar rumah mengalami disrupsi. Kekhawatiran akan penularan virus ditempat makan menyebabkan konsumen lebih waspada dan memilih untuk membeli makanan secaradaring. Pembelian belanja makanan secara daring mengalami peningkatan yang signifikan. Kondisipandemi yang tidak menentu menyebabkan motivasi konsumen untuk makan di luar rumah punberubah dengan lebih mempertimbangkan keamanan dalam bersantap makanan. Penelitian iniberupaya mengungkap motivasi perilaku untuk makan di luar pada generasi Z pada masa pandemiCovid-19. Adapun metode penelitian dilakukan secara deskriptif dengan bersumber pada dataliteratur dan wawancara mendalam. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan sebuah gambarantentang motivasi perilaku makan Generasi Z di masa pandemi untuk pengembangan dan resiliensibisnis restoran di masa kenormalan baru. Kata kunci : Perilaku konsumen, Gen Z, makan di luar rumah, motivasi, pandemi Covid-19
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021