Metodologi penelitian pendidikan 5.0 salah satu unsur utama angka kredit untuk pengembangan karirseorang guru seperti yang tertuang dalam Permen PAN dan RB nomor 16 tahun 2009. Indikator yangterdapat pada Permen tersebut yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Selanjutnya,Permendiknas nomor 35 tahun 2010 bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru, seorang gurudiwajibkan untuk mengikuti diklat/workshop/pelatihan, menyusun karya ilmiah sesuai dengankepangkatannya dan menciptakan teknologi tepat guna. Terdapat sebagian guru yang belum berupayauntuk mengembangkan profesinya, bahkan belum mengetahui metodologi penelitian pendidikan 5.0.Indikator ketercapaian tujuan pengabdian adalah bahwa guru-guru sudah memahami metodologipenelitian pendidikan 5.0, arti penting program metodologi penelitian pendidikan 5.0, dan bagaimanamelaksanakan program tersebut.Target dan luaran dari program ini diantaranya, meningkatnya indeksmotivasi guru dalam program metodologi penelitian pendidikan 5.0 dalam melakukan penelitian tindakankelas hingga berbentuk pelaporan hasil, meningkatnya kemampuanpenggunaan komputer dalam evaluasipembelajaran dan penelitian tindakan kelas serta terdaftarnya website dan akun media sosial resmisekolah mitra.Kata kunci: metodologi penelitian pendidikan 5.0, penelitian tindakan kelas
Copyrights © 2022