Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 4 (2023): November

PENGARUH EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK NEGERI 2 LINGSAR

Endah Resnandari Puji Astuti (Universitas Pendidikan Mandalika)
Muh Husein Baysha (Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psiologi, Universitas Pendidikan Mandalika, Jl. Pemuda No 59A, Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Permasalahan mendasar penelitian yaitu siswa kurang aktif dan kurang terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model experiential learning terhadap aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Negeri 2 Lingsar. Metode yang digunakan yaitu eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pre-experimental. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen angket Skala Likert. Pengembangan angket mengacu pada 8 indikator aktifitas belajar antara lain; a) Membaca materi yang akan dipelajari, b) Berdiskusi dengan teman, c) Bertanya pada guru atau teman, d) Menyimak penjelasan guru, e) Membuat catatan tentang materi pembelajaran, f) Menanggapi pendapat teman, g) Mengerjakan tes dengan kemampuan sendiri, h) Semangat dalam mengikuti pelajaran. Angket penelitian berjumlah 25 item. Sampel penelitian berjumlah siswa 38 siswa. Analisis data penelitian menggunakan Chi-Square. Hasil analisis data chi-square menunjukkan nilai = 22,37 sedangkan nilai Chi-Square Tabel df (C-1) x (R-1) = (5-1) x (2-1) = 4 dengan taraf signifikan 5%= 9,488 maka dapat dimgerti bahwa Chi-Square lebih besar dibanding Chi-Square tabel (22,37 >9,488). Hal ini membuktikan bahwa Hipotesis nihil (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan nilai tersebut, maka hipotesis nihil (H0) yang berbunyi “Tidak ada Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Aktifitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Di SMK Negeri 2 Lingsar, Ditolak. Sedangkan, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Aktifitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Di SMK Negeri 2 Lingsar, Diterima. Hasil analisis hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajarn experiential learning terhadap aktifitas belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X Di SMK Negeri 2 Lingsar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...