Salah satu hambatan yang dihadapi anak berkesulitan belajar matematika yaitu rendahanya kemampuan matematika yakni penjumalahan dengan puluhan urut kebawah. Permasalahan ini ditemukan di SDN 1 Nan Sabaris, yang mana anak berkesulitan belajar matematika atau disebut dengan diskalkulia berumur 10 tahun memiliki kemampuan berhitung yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh strategi student teams achievement divisions (STAD) dalam meningkatkan keterampilan penjulahan dengan puluhan urut kebawah pada anak. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen dalam bentuk subjek tunggal single subject research (SSR) dengan desain A-B-A yang terdiri dari tiga kondisi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes penjumlahan deret kebawah dilakukan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Analisis data menggunakan teknik visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa model STAD dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan bagi anak diskalkulia kelas II di SD N 1 Nan Sabaris
Copyrights © 2024