Sering terjadi dalam pembelajaran guru tidak memperhatikan strategi yang akan digunakan agar siswa dapat belajar dengan baik pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi terhadap prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri di Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan sampel sebanyak 88 siswa. Analisis hipotesis statistik yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPA siswa dengan skor sig = 0,001 < 0,05 dan skor F hitung = 743,705, terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPA siswa dengan skor sig = 0,001 < 0,05 dan skor t hitung = 15,755 dan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa dengan skor sig = 0,001 < 0,05 dan skor t hitung = 15,811. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh persepsi atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPA siswa dan terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri di Kota Depok
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024