Abstrak Penelitian yang berjudul Kompleksitas Gramatikal Ujaran Anak bertujuan untuk mengetahui gambaran kompleksitas gramatikal dalam ujaran anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih adalah seorang anak dalam keluarga multikultural. Dengan demikian, desain yang dipilih adalah desain penelitian studi kasus tunggal, dengan unit yang diteliti adalah sebuah keluarga multikultural (Sunda-Padang). Kompleksitas gramatikal anak yang dimaksud dalam penelitian ini adalah jumlah konstruksi gramatikal yang terdapat dalam ujaran anak yang berusia 5 tahun 7 bulan. Kompleksitas gramatikal dikategorikan menjadi dua, yaitu kompleksitas secara morfologis dan kompleksitas secara sintaktis. Hasil penelitian menunjukkan kompleksitas gramatikal pada ujarann anak mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling rumit.Kata kunci: kompleksitas gramatikal, ujaran anakAbstractThe study entitled Grammatical Complexity in a Child’s Utterances aimed to describe the grammatical complexity in a child’s utterances. Qualitative approach was employed in this research. The research subject chosen was a child in a multicultural family. Thus, the design preferred was a single case study research design, with a multicultural family (Sunda-Padang) as the unit under study. The grammatical complexity referred to in this study is the number of grammatical constructions contained in the utterances of children aged 5 years 7 months. Grammatical complexity is categorized into two, namely morphological complexity and syntactic complexity. The results showed the grammatical complexity of the child's utterances ranging from the simplest to the most complex.Keywords: grammatical complexity, a child’s utterances
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021