Penelitian ini didorong oleh terbatasnya kurikulum pembelajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang. Untuk memenuhi kesesuaian kurikulum BIPA bagi ekspatriat Jepang diperlukan analisis pada kurikulum maupun silabus yang sudah ada yang selama ini digunakan pada pengajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang. Penelitian ini merupakan studi kasus kurikulum berupa silabus pada salah satu perusahaan yang melayani pengajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang selama 20 tahun. Silabus yang digunakan dalam penelitian ini merupakan silabus yang ditujukan bagi klien dengan target kelulusan ujian i-kentei pada level E. Dengan menggunakan analisis secara eksplanasi, penelitian ini berupaya menjelaskan tiga sumber data berupa wawancara, observasi dan analisis dokumen silabus. Wawancara dilakukan pada divisi pendidikan dan pelatihan perusahaan mengenai kurikulum yang digunakan dan bagaimana proses penyusunannya dalam pembelajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang pada jenjang BIPA 1, observasi dilakukan sendiri oleh penulis pada salah satu klien yang mengikuti program pembelajaran selama 7 bulan dan mengikuti ujian i-kenti level E pengamatan juga dilakukan pada bagaimana silabus ini digunakan pada saat pembelajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang selama satu kali periode program. Analisis silabus yang sudah digunakan juga dilakukan dengan tujuan memahami penggunaan teori pada silabus yang digunakan.
Copyrights © 2022