Pada awal tahun 2020, Indonesia dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang berdampak signifikan pada pembelajaran online diberbagai sektor pendidikan formal, termasuk Perguruan Tinggi Vokasi yang dihadapkan pada tantangan untuk mengubah strategi dan metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas pendidikan yang dilakukan di Jurusan Teknik Mesin, menggunakan dimensi EduQual sebagai alat ukur survei. Penelitian ini menggunakan metode campuran, yang merupakan gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian eksploratif deskriptif. Selanjutnya, Metode IPA (Importance Performance Anaysis digunakan untuk mengkalisifikasikan prioritas dari setiap indicator dari hasil survei. Indikator yang terkumpul di kuadran A kemudian dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan QFD (Quality Function Deployment). Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat tiga faktor utama yang harus ditingkatkaan seperti peralatan pembelajaran, ketersediaan fasilitas untuk sarana pembelajaran dan ketersediaan dokumen modul untuk setiap mata kuliah. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan perbaikan dengan tindakan  sesuai urutan prioritas seperti pengadaan sarana dan prasarana belajar serta pelatihan secara berkala untuk meningkatkan kualitas para pengajar di Jurusan Teknik Mesin.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024