EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Role Playing dalam Pembelajaran Drama untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar

Anggraeni, Safitri Dwi (Unknown)
Mutiah, Ani (Unknown)
Ardiningrum, Dewi Irma (Unknown)
Wijayanti, Okto (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Tingkat percaya diri pada anak Sekolah Dasar saat ini masih kurang dan guru harus mampu meningkatkan atau mengembangkan hal tersebut. Salah satunya melalui model role playing dalam pembelajaran drama dimana anak mampu dalam menampilkan drama, memerankan tokoh yang di dapat, dan memberi masukan kepada temannya mengenai tokoh yang diperankan serta untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam memerankan tokoh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model role playing dalam pembelajaran drama dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan studi pustaka (library research) melalui berbagai literatur melalaui 11 artikel ilmiah terakreditasi dengan penelitian relevan yang membahas 1) Fungsi model role playing dalam pembelajaran drama untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa SD; 2) Efektivitas model role playing untuk meningkatkan rasa percaya diri; 3) Kelebihan dan kekurangan role playing. Penerapan metode role playing dalam pembelajaran mengajarkan anak dapat belajar berbicara, beragumen, berani, dan percaya diri untuk berbicara di depan umum. Pembelajaran yang efektif dan efisien melalui pembelajaran drama menggunakan role playing dapat dikaji untuk untuk penelitian lebih lanjut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...