JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi
Vol 1, No 1 (2015)

Game Ramayana Menggunakan Unity 3d Game Engine

Hidayat, Raden Aswita (Unknown)
Adi Purwantara, I Made (Unknown)
Anggara Wijaya, I Nyoman Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2015

Abstract

Game Ramayana ini di buat untuk mengangkat cerita rakyat tentang Ramayana. Ramayana sendiri merupakan sebuah kisah yang berasal dari India yang ditulis oleh Walmiki sekitar tahun 4-SM. Ramayana sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu kata Rama dan Ayana yang berarti “Perjalanan Rama”. Biasanya penyampaian cerita Ramayana dilakukan saat adanya pementasan wayang. Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, untuk mengangkat cerita rakyat perlu di lakukan dengan berbagai cara, salah satu diantaranya dengan media game. Dalam pembuatan game diperlukan suatu game engine yang dapat membantu seorang developer dalam merancang sebuah game. unity3d game engine dapat digunakan dalam membuat berbagai jenis game seperti action, balap, strategy dan lainnya. Dalam pembuatan Game Ramayana ini melalui beberapa tahapan antara lain analisa sistem, perancangan program dan implementasi sistem. Pada tahap analisa sistem dilakukan pembuatan skema proses perancangan dan flochart. Kemudian pada tahap perancangan program dilakukan desain storyboard dan desain antarmuka. Pada tahap implementasi dilakukan pembuatan program sesuai dengan rancangan yang telah dibuat dan dilanjutkan dengan pengujian program. Melalui game Ramayana ini, masyarakat khususnya gamer dapat mengenal cerita Ramayana. Kata Kunci : Pengembangan Game, Unity Game Engine, Game Ramayana

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

josinfo

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JOSIKOM adalah Jurnal Online Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi STMIK STIKOM ...