EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Pengaruh Penerapan Model Challenge Based Learning terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Materi Bunyi dan Sifatnya Kelas V Sekolah Dasar

Stefani, Puput (Unknown)
Setyaningrum, Vidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Kemampuan berkomunikasi merupakan hal mendasar bagi manusia sebagai makhluk sosial, di mana keinginan untuk berinteraksi dengan orang lain dan mengetahui peristiwa yang terjadi dalam kehidupannya senantiasa ada. Penelitian' ini' bertujuan'' untuk'' mengetahui pengaruh'' model' challenge'' based'' learning' terhadap ketrampilan komunikasi peserta didik' dalam mata pelajaran IPA' dengan materi Bunyi dan sifatnya guna meningkatan keterampilan komunikasi peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Penelitian' ini' menggunakan' kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi' berjumlah 72 peserta didik, yang terdiri dari 32 kelas V A sebagai kelas Kontrol dan 32 kelas' V B sebagai kelas' Eksperimen.' Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model Challenge Based Learning, ketrampilan komunikasi peserta didik terbatas dengan nilai rata-rata 60,44. Mereka memiliki kurangnya kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum, kesulitan menyampaikan ide, dan respons yang kurang efektif terhadap pendapat orang lain. Namun, setelah diterapkannya model tersebut, ketrampilan komunikasi meningkat, ditandai dengan peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan berkolaborasi dalam menyampaikan pendapat. Model Challenge Based Learning memiliki pengaruh yang besar terhadap ketrampilan komunikasi peserta didik dalam materi bunyi dan sifatnya. Hal in dipengaruhi oleh pemahaman mereka, kemampuan berkolaborasi antara' guru'' dan' peserta' didik, serta penggunaan'' media'' pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...