Pengelolaan pembiayaan merupakan salah satu aspek terpenting dalam meningkatkan mutu Pendidikan. Hal ini dikarenakan keuangan menjadi salah satu aspek yang bisa berpotensi untuk menjadi resiko atau peluang. Peluang ini bisa dimanfaatkan apabila pengelolaan pembiayaan di Lembaga Pendidikan dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi manajemen pembiayaan pendidikan di MTs Negeri 5 Cilacap dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di era Society 5.0. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yag telah didapatkan dianalisis menggunakan triangulasi mulai dari reduksi data, kemudian data disajikan, dan terakhir dianalisis. Hasil penelitian menyoroti bahwa manajemen pembiayaan melibatkan proses optimalisasi penggunaan sumber dana, alokasi dana, dan distribusi sebagai fasilitas pendukung pembelajaran dengan mengikuti perkembangan zaman. Langkah-langkah dalam manajemen pembiayaan pendidikan menjadi krusial untuk mencapai standar mutu madrasah yang optimal.
Copyrights © 2023