Penelitian ini berjudul Pemanfaatan metode role playing berbantuan media video animasi untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi gerhana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode role playing berbantuan video animasi mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas 6 SD Negeri 5 Butuh Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo. Penelitian dilatarbelakangi hasil penilaian keterampilan yang dilakukan sebelum penelitian didapatkan bahwa dari 16 siswa sebanyak 14 siswa (87.5%) memiliki nilai keterampilan rendah dan sisanya 2 siswa (12.5%) memiliki keterampilan tinggi . Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat treatment pada subjek yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan kreativitas siswa sebelum pemanfaatan dan sesudah. Sebelum pemanfaatan kreativitas siswa hanya mendapatkan nilai 64 sedangkat setelah dilakukan pemanfaatan metode role playing berbantuan video animasi diperoleh kreativitas siswa mencapai 85. Selain itu, pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan dinilai observer mendapatkan nilai 85 dengan kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis perbedaan sebelum dilakukan dan sesudah dilakukan dapat disimpulkan dengan metode role playing berbantuan video animasi mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas 6 SD Negeri 5 Butuh Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo.
Copyrights © 2024