EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Strategi Kepala Sekolah-Madrasah dalam Membangun Keunggulan Kompetitif

Fitriah, Baiq (Unknown)
Wildan, Wildan (Unknown)
Khusniyah, Nurul Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi kepala sekolah-madrasah dalam membangun keunggulan kompetitif, kendala yang dihadapi dan solusinya serta mendeskripsikan keunggulan kompetitif yang telah dicapai kepala sekolah-madrasah di SDI Sa’adatuddarain, SDN 4 Praya dan MIN 1 Lombok Tengah Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penggalian data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam membangun keunggulan kompetitif adalah dengan membangun soliditas tim kerja, adanya pelibatan sosial (social engagement), penguatan pembentukan karakter siswa, dan mendorong prestasi akademik dan non akademik siswa. Kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah adalah kurangnya pengalaman guru dalam menerapkan berbagai strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelligent siswa, kurang optimalnya pelayanan pengembangan bakat dan potensi untuk setiap peserta didik, kurangnya guru pada kualifikasi bidang ilmu tertentu dikarenakan terjadi mutasi. Solusi yang digunakan adalah mengadakan kegiatan guru belajar dan pendelegasian guru untuk mengikuti seminar/pelatihan, melakukan pemetaan minat bakat dan perekrutan pembina dari pihak eksternal, serta melakukan komunikasi dengan pihak dinas untuk penambahan guru pada kualifikasi bidang ilmu yang masih kurang. Keunggulan yang telah dicapai terlihat pada semakin meningkatnya jumlah siswa, nama baik sekolah terjaga dan semakin dikenal masyarakat luas. Selain itu sekolah juga berhasil meraih prestasi dan menjadi sekolah unggul di wilayahnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...