EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Efektivitas Positive Reinforcement untuk Mengurangi Perilaku Mengganggu bagi Anak Lamban Belajar

Husna, Isnatil (Unknown)
Marlina, Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak lamban belajar di SD Negeri 11 Pauh yang memiliki perilaku memukul terhadap teman sebaya. Dibalik metode konvesional yang di berikan guru tidak dapat merubah perilaku memukul, maka dari itu peneliti mengunakan metode Positive reinforcement untuk menggurangi perilaku memukul anak lamban belajar. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari metode positive reinforcement dalam mengurangi perilaku memukul pada anak lamban belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis metode yang di gunakan yaitu metode eksperimen serta jenis penelitiannya yaitu subjek tunggal (Single Subject Research) dengan model A-B-A. Subjek pada penelitian ini ialah  anak Lamban Belajar di SD Negeri 11 Pauh. Teknik analisis data menggunakan teknik  analisis visual grafik, data dikumpulkan dan dianalisi dalam bentuk frekuensi. Penilaian dalam penelitian ini dengan pencatatan berapa jumlah perilaku yang dilakukan anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen asesmen perilaku mengganggu. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan perilaku mengganggu pada indikator aggression (berprilaku agresif atau menyerang) pada aitem memukul setelah diberikannya strategi positive reinforcement. Berdasarkan analisis data, analisis dalam kondisi dan antar kondisi adanya pengurangan perilaku memukul terhadap anak lamban belajar dengan menggunakan metode   positive reinforcement .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...