JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer
Vol 1, No 1 (2015)

RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN CERITA DAN TOKOH-TOKOH DALAM KISAH MAHABHARATA BERBASIS ANDROID

Wiradana, I Gede Putu (Unknown)
Ahmadi, Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2015

Abstract

Cerita Mahabarata merupakan cerita yang mengisahkan tentang peperangan para pandawa lima dengan saudara sepupu mereka sang seratus korawa , mengenai sengketa hak pemerintahan tanah Astina Pura. Pada masing-masing tokoh dalam cerita mahabarata juga  memiliki sifat dan karakter masing-masing. Semakin berkembangnya jaman, banyak masyarakat termasuk anak-anak yang telah melupakan bagaimana cerita karakteristik dari masing – masing tokoh mahabaharata. Cara yang paling efektif untuk mengenalkan tentang cerita dan tokoh – tokoh mahabarata adalah dengan cara membuat suatu media pembelajaran pengenalan cerita dan tokoh – tokoh dalam kisah mahabarata berbasis android. Dengan dibuatnya aplikasi ini dapat memperkenalkan cerita dan tokoh – tokoh dalam kisah mahabarata. Dalam aplikasi tersebut terdapat cerita dan gambar dari tokoh-tokoh mahbharata. Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dan perancangannya melalui pengumpulan data dari literatur aplikasi mahabharata, Unified Modeling Language (UML), Data Flow Diagram (DFD) dan selanjutnya mengimplementasikannya. Perekayasaan ini memfokuskan pada penyampaian cerita dan tokoh – tokoh dalam kisah mahabharata serta menjawab quiz berdasarkan ada pada aplikasi pengenalan cerita dan tokoh - tokoh mahabharata.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mahabharata, Android, Cerita dan Tokoh – Tokoh.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

josikom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JOSIKOM adalah Jurnal Online Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Komputer STMIK STIKOM ...