cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
JOSIKOM adalah Jurnal Online Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali.
Arjuna Subject : -
Articles 189 Documents
PENERAPAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI SISTEM KONTROL MESIN PERACIK MINUMAN Dhananjaya, I Gusti Ngurah Bayu; Wardana, I Nyoman Kusuma; Ratmiasih, Ni Luh
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia industri merupakan salah satu sektor tersibuk didunia ini, dimana setiap perusahaan memiliki pekerja yang banyak dan setiap kali beristirahat akan memadati kantin dalam perusahaan tersebut, yang otomatis menurunkan produktivitas pekerja karena terlalu lama  mengantri dikantin. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan otomasi dalam pelayanan khususnya minuman. Salah satu penerapan otomasi tersebut adalah dengan penggunaan Programmable Logic Controller (PLC) sebagai sistem kontrol. PLC adalah sebuah komputer digital yang digunakan untuk otomasi khususnya dibidang industrial yang diantaranya berfungsi sebagai pusat kontrol mesin  dalam suatu pabrik. Pemrograman PLC menggunakan bahasa ladder diagram yang dapat diunggah kedalam PLC dengan menggunakan sebuah alat khusus ataupun menggunakan sebuah komputer. Berdasarkan masalah tersebut, maka dibuatlah sebuah mesin peracik minuman yang menggunakan PLC sebagai pusat sistem kontrolnya. Penelitian dimulai dengan mendesain badan alat dan dilanjutkan dengan pemrograman dan uji coba. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah mesin peracik minuman yang memiliki dua pilihan minuman yaitu kopi dan teh dan dua kondisi air yaitu panas dan biasa, yang berhasil memproduksi minuman dengan baik pada gelas yang sudah ditentukan. Kata Kunci : PLC, Ladder diagram, Mesin Peracik Minuman
APLIKASI GAMBAR RERAJAHAN BERBASIS ANDROID DAN WEB SERVICE Suartama, I Ketut; Budi Sentana, I Wayan; Suradarma, Ida Bagus
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bali merupakan salah satu daerah sangat menarik yang disebabkan oleh keindahan alamnya, terutama oleh kesenian dan budayanya, oleh karena itu orang menyebutnya “Pulau Dewata”, , boleh saja asal tidak melupakan Bali dengan rerajahan, karena Rerajahan pada hakekatnya merupakan seni budaya Hindu Bali, yang menjadi produk lokal genius. Rerajahan adalah gambar yang penuh dengan makna magis, dalam buku Ulap-ulap dan Rerajahan agama Hindu di Bali menjelaskan Rerajahan dalam bahasa Indonesia, yaitu ”Rajah” yang artinya suratan, gambar, tanda-tanda yang dipakai sebagai jimat yang berfungsi sebagai penolak penyakit. Rajah juga berarti corang-coreng cacahan tubuh yang dibuat dengan benda tajam yang sering dikenal dengan tato,sedangkan Rerajahan adalah salah satu proses pengobatan berbentuk lukisan ataugambar yang mengandung kekuatan gaib magis religius yang dikombinasikan dengan aksara Bali Biasa (Wreastra dan Swalalita), maupun aksara suci (Wijaksara/Bijaksara dan Modre) ditulis diatas suatu media. Gagasan ide dalam penciptaan karya seni lukis dengan mengangkat Rerajahan ditransformasikan kedalam karya seni lukis. ini disebabkan oleh karena berbagai macam keunikan yang terkandung dalam Rerajahan, juga nilai magis maupun religius, yang tidak dapat dipaparkan secara pasti, yang dapat menimbulkan berbagai imajinasi, sehingga terciptalah berbagai jenis simbol dengan media warna dan tekstur, sebagai ekspresi perasaan jiwa.                                                          Kata Kunci : Aplikasi, Gambar,  Rerajahan, Android dan WebService.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENYUSUNAN DAN PERENCANAAN MENU MAKANAN BERDASARKAN GIZI SEIMBANG BERBASIS WINDOWS PHONE Trinadi Putra, I Komang Ditha; Yulyantari, Luh Made; Kansa Putri, Ni Made Dewi
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap orang memliki kebutuhan kalori harian yang berbeda–beda, hal ini dipengaruhi oleh aktivitas dan kondisi fisik seperti tinggi badan, berat badan, jenis kelamin dan usia orang tersebut. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan kalorinya perlu didukung dengan konsumsi makanan yang tepat dengan mempertimbangkan kandungan protein, karbohidrat dan lemak. Namun sulitnya masyarakat dalam memahami dan mengerti mengenai kandungan dalam tiap makanan, maka perlu dibuatkan suatu sistem untuk membantu masyarakat mengatur kebutuhan kalorinya. Salah satu teknologi yang sedang berkembang dan paling banyak digunakan saat ini adalah teknologi Smart Phone berbasis Windows Phone. Dengan membuat aplikasi penyusunan dan perencanaan menu makanan berdasarkan gizi seimbang pada windows phone nantinya dapat membantu masyarakat dalam mengatur kebutuhan kalorinya. Aplikasi Windows Phone ini mengunakan metode Harris-Benedict dalam menghitung kebutuhan kalori harian. Pengguna dapat juga merancang menu makanan harian baik pagi, siang dan malam untuk memenuhi kebutuhan kalorinya. Dalam perekayasaan ini menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall yang memiliki tahapan antara lain definisi persyaratan, perancangan sistem, tahap implementasi, tahap integrasi dan pengujian, dan yang terahir operasi dan pemeliharaan. Aplikasi ini dapat membantu untuk menghitung kalori harian, menyarankan berat badan ideal, menampilkan status gizi, menghitung jumlah kalori pada menu makanan dan menyimpan menu makanan.Kata Kunci : Kalori, Smart Phone, Windows Phone, Harris-Benedict, Metode Waterfall. 
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN TEMATIK BERBASIS FLASH Wiyati, Ratna Kartika; Crisnapati, Padma Nyoman; Sri Melati, I Gusti Ayu
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komputerisasi saat ini dirasa sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan khususnya dalam bidang Pelajaran. Metode pembelajaran manual sering kali tidak efektif dalam hal waktu juga membuat anak kurang tertarik belajar. Dengan begitu maka siswa SD jadi kurang memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru . Aplikasi pembelajaran tematik  dengan media komputer yang lebih menarik ditujukan agar anak lebih tertarik untuk belajar tematik . Aplikasi ini di lengkapi oleh materi-materi yang ada dalam buku pelajaran tematik, aplikasi ini juga berisi gambar-gambar untuk mempermudah siswa dalam belajar, Dalam aplikasi ini juga  memuat soal-soal yang bertipe penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan campuran yang merupakan gabungan antara penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pembangunan perangkat lunak tersebut menggunakan pemodelan pengembangan sistem dengan metode Prototipe, metode yang pembangunan sistem perangkat lunak dengan mengumpulkan kebutuhan dan perbaikan untuk pembangunan sistem. Tahap analisis dan perancangan, sedangkan implementasi menggunakan Adobe Flash CS6. Kata kunci: Media Pembelajaran, interaktif,  prototipe, Adobe
APLIKASI FUZZY MULTI ATRIBUTE DECISION MAKING DENGAN METODE SAW DALAM PEMILIHAN CALON CUSTOMER SERVICE Arbawa, Gede Yanti; Dedy Suryawan, I Ketut; Putri Srinadi, Ni Luh
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Customer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah dengan memuaskan. Pemilihan CS membutuhkan banyak kriteria atau parameter dari banyak alternative yang tersedia, sehingga menyulitkan bagi sebuah perusahaan dalam pemilihan CS terbaik, oleh sebab itu dibutuhkan sebuah seistem berbasis komputer yang dapat membantu dalam pemilihan CS terbaik. Sistem pendukung keputusan adalah sebuah sistem yang menyerupai seorang pendukung keputusan, disini tentunya pendukung keputusan dalam pemilihan karyawan atau pendukung keputusan dalam penerimaan karyawan. Salah satu metode yang dapat dikembangkan untuk sistem pendukung keputusan ini adalah Fuzzy Multi Atribute Decision Making dengan teknik Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini akan membandingkan nilai masing-masing kriteria yang dimiliki oleh tiap alternative dan dihitung dengan pembobotan yang diberikan oleh SAW. Metode ini baik digunakan dalam pemilihan sebuah alternative dari banyak kemungkinan dengan hasil berupa rangking dari hasil nilai yang terbesar ke terkecil. Sistem ini akan mengelola data pelamar, nilai dari pelamar dan bobot masing-masing kriteria kemudian dilakukan seleksi dengan metode SAW yang hasil akhir dari perhitungan dengan metode SAW ini adalah ranking dari pelamar. Dengan adanya aplikasi ini, maka keputusan yang dihasilkan dari aplikasi ini dapat membantu pimpinan sebuah perusahaan terhadap pemilihan calon customer service. Kata kunci :  Customer Service, SAW, FMADM
SISTEM INFORMASI PENJUALAN KAYU PADA UD. JARO-JARO BERBASIS ANDROID Sabil Abraham, Febrian; Ahmadi, Candra; Hadi, Rosalia
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem penjualan online sudah sangat umum pada masa ini, menghitung jumlah pemakai perangkat mobile seperti tablet dan smartphone yang sangat banyak, transaksi lebih praktis melalui aplikasi perangkat mobile khususnya android. Untuk memudahkan pelanggan, UD. Jaro-Jaro membutuhkan suatu sistem penjualan berbasis android guna menambah promosi dan pemasaran bahan material khususnya kayu secara lebih luas lagi yakni mencakup seluruh daerah Bali. Untuk menangani masalah tersebut, maka dibangun sistem informasi penjualan kayu pada UD. Jaro-Jaro berbasis Android yang nantinya dapat memudahkan pembeli dalam melakukan pembelian kayu secara online melalui perangkat android, konsep perencanaan dan perancangan perangkat lunak yang digunakan adalah pemodelan berorientasi objek. Beberapa tahap yang dilalui adalah analisa sistem, perancangan sistem, dan implementasi sistem. Dengan adanya sistem penjualan kayu pada UD. Jaro-Jaro berbasis android ini diharapkan dapat mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian kayu via mobile serta memperluas jaringan promosi keseluruh daerah Bali.Kata Kunci : Android, Penjualan, Sistem Informasi    
GAME EDUKASI PENGENALAN DAN PENYUSUNAN GAMBAR UNTUK ANAK STUDI KASUS GAMBAR PULAU DI INDONESIA Rahman, Andi Yulia; Atmojo, Yohanes Priyo; Suwirmayanti, Ni Luh Gede Pivin
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia adalah Negara kepulauan yang terletak di Asia Tenggara dan berada diantara benua Asia dan Australia. Banyaknya pulau di Indonesia memiliki keanekaragaman seperti bentuk dan luas yang berbeda-beda. Tetapi tidak diimbangi atau kurangnya pada media penyiaran tentang keanekaragaman dari pulau-pulau di Indonesia, sehingga menyebabkan sebagian dari anak-anak di Indonesia tidak mengetahui bentuk fisik dari pulau-pulau di Indonesia, oleh sebab itu maka dibuat sebuah media pengenalan pulau kepada anak melalui game edukasi yang dibangun pada sebuah platform android. Game edukasi adalah game yang dirancang  dan dibuat untuk merangsang daya piker termasuk konsentrasi dan memecahkan masalah. Kata kunci : Indonesia, Pulau, Android, Game Edukasi
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEPALA TOKO CIRCLE-K BALI DENGAN METODE AHP BERBASIS WEB Dewi Suryani, I Gusti Ayu; Pramana, Dian; Anggara Wijaya, I Nyoman Yudi
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Circleka adalah perusahaan yang bergerak di bidang retail dengan konsep convenience store. Retail berarti menjual barang secara eceran. PT. Circleka merupakan salah satu penjual dimana cara pemasaran produknya meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi. Pertumbuhan suatu toko sangat dipengaruhi oleh jumlah tokonya yang berkembang. Dengan bertambahnya jumlah toko, maka bertambah pula jumlah karyawan yang bekerja, baik sebagai karyawan csr maupun kepala toko (store supervisor). Karyawan yang berprestasi akan diangkat ke jenjang yang lebih tinggi yang disebut kepala toko/store supervisor (ss). Selain jumlah yang banyak, keheterogenan karyawan juga semakin komplek sehingga sangat sulit memilih karyawan yang berprestasi menurut manajemen dan sulitnya menentukan prioritasnya. Dalam pemilihan Kepala Toko oleh Departemen Operasional di PT Circleka terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini berdasarkan penilaian kinerja/ performance karyawan, masa kerja karyawan, serta absensi/kehadiran karyawan. Demi efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan. Oleh sebab permasalahan itu, maka diterapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk merancang sistem penilaian kinerja karyawan yang digunakan sebagai pendukung pengambilan keputusan di Circle-K. Setelah dilakukan pengujian dan analisis dengan melibatkan perhitungan secara manual, dapat diketahui bahwa hasil yang didapat dari perhitungan sistem sama dengan perhitungan manual. Sehingga sistem ini dapat digunakan untuk membantu pihak management untuk melakukan pemilihan kepala toko berikutnya.Kata Kunci : Pemilihan Kepala Toko, Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process.  
PENENTUAN MINAT ASISTEN DOSEN DENGAN METODE SAW BERBASIS WEB (STUDI KASUS : STMIK STIKOM BALI) Surya Diputra, I Gede; Darma Susila, I Made; Anggara Wijaya, I Nyoman Yudi
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Asisten dosen adalah seorang mahasiswa yang ditugaskan untuk membantu tugas dosen dalam mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Kriteria calon asisten dosen ada tiga yaitu telah mengikuti matakuliah yang bersangkutan, nilai  matakuliah minimal B, lulus tes seleksi. Ketiga kriteria tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Di STMIK STIKOM BALI proses tes seleksi penerimaan asisten  dosen masih dilakukan secara manual. Proses ini sering menimbulkan permasalahan berupa efisiensi waktu dan biaya operasional berupa kertas, tinta printer, dll yang sangat tidak efisien dalam penerapannya. Salah satu yang menjadi masalah juga dalam penerapan sistem ini adalah saat calon pelamar memiliki dua minat yang berbeda sehingga calon pelamar bingung dalam memilih salah satu dari minat yang mereka inginkan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti merasa perlu membangun sebuah sistem tes asisten dosen yang terkomputerisasi dan dapat membantu mengatasi permasalahan serta dapat membuat proses seleksi tes asisten dosen menjadi lebih efisien. Dalam sistem ini nantinya para pelamar juga dapat memilih dua minat sekaligus yang nantinya dapat menentukan potensi akademis yang sebenarnya mereka kuasai. Kata Kunci : Simple Additive Weighting (SAW), Asisten Dosen 
RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN DAN PEMESANAN PERHIASAN PERNIKAHAN ADAT BALI BERBASIS ANDROID DAN WEB SERVICE (Studi Kasus UD.Cempaka) Eka Putra, I Putu Harry Wibawa; Hanief, Shofwan; Hostiadi, Dandy Pramana
JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan e-commerce. Untuk mengimbangi kemajuan teknologi maka dari itu UD. Cempaka merancang dan membangun aplikasi m-commerce ini supaya bisa bersaing dalam memasarkan produk dan mempermudah customer untuk membeli produk dengan melalui pc dan smartphone androidnya. Dalam pembuatan aplikasi ini, konsep dan perancangannya melalui pengumpulan data, pembuatan Use Case, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, dan implementasi program. Dengan dibuatnya aplikasi e-commerce pada UD. Cempaka ini dapat menampilkan informasi produk yang di produksi UD. Cempaka. Penguna dari aplikasi ini juga dapat  memesan produk yang ada pada list produk. Aplikasi ini bisa meng-upload struk pembayaran sebagai bukti bahwa customer telah mentransfer ke rekening perusahaan. Untuk  ingin memesan produk penguna harus mempunyai akun jika belum memiliki akun penguna dapat mendaftar pada form customer yang sudah disediakan pada aplikasi dengan menginputkan data lengkap dari penguna.Kata ­­­­Kunci : Aplikasi, M-Commerce, Android dan Web Service.

Page 1 of 19 | Total Record : 189


Filter by Year

2015 2015