EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Implementasi Praktik Kerja Lapangan Guna Meningkatkan Mutu Lulusan Dan Kesiapan Kerja

Paramitha, Ignatius Satya (Unknown)
Limbong, Mesta (Unknown)
R. Simbolon, Bintang (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) di SMK Don Bosco, Kabupaten Sumba Barat Daya, yang merupakan pelaksana dari SMK Pusat Keunggulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini melibatkan WAKASEK bidang kurikulum, hubungan industri, ketua program keahlian, dan panitia pelaksana program PKL. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran mengenai implementasi program PKL di SMK Don Bosco secara terstruktur 1) Perencanaan program PKL meliputi; penyusunan program PKL serta kepanitiaannya, pemetaan tempat DUDI serta pengajuan permohonan PKL, pembuatan MoU dan pembekalan peserta didik; 2) Pelaksanaan PKL meliputi; kegiatan pemberian materi dan melakukan aktivitas pekerjaan di DUDI, pengisian jurnal dan pembuatan laporan; 3) Monitoring PKL secara intensif dengan jadwal waktu secara berkala; 4) Evaluasi pelaksanaan PKL bagi peserta didik, tempat pelaksanaan PKL dan evaluasi setelah program kegiatan PKL; 5) Tindak lanjut setelah PKL diantarnya sebagai penguji Uji Kompetensi Keahlian (UKK), guru tamu industri, kunjungan lapangan industri dan kegiatan open recruitment. Secara keseluruhan pelaksanaan praktik kerja lapangan berjalan sesuai dengan perencanaan dan hasilnya sangat bermanfaat bagi SMK dan DUDI dalam hal kerja sama penerapan kurikulum berbasis industri serta meyakinkan motivasi peserta didik dalam hal kesiapan kerja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...