EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Implementasi Manajemen dalam Menghadapi Kemajuan Teknologi Kecerdasan Buatan pada Lembaga Pendidikan Islam

Syafrial Syafrial (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia)
Muhammad Rafiq Hafiz (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia)
Khumaidi Arifin (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Pembahasan ini akan menjelaskan penerapan (implementasi) manajemen melalui perspektif manajemen perubahan dan manajemen risiko untuk menanggapi dan menyikapi terhadap teknologi artificial intelligence (AI) sehingga dapat mengarahkannya kepada dampak positif dan daya manfaat terhadap manusia khususnya bagi Lembaga pendidikan Islam. Kemudian pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah tentang bagaimana peran Manajemen Perubahan dan Manajemen Risiko pada Lembaga Pendidikan Islam dalam menghadapi kemajuan teknologi berupa teknologi artificial intelligence (AI). Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif berdasarkan sumber tertulis dari literatur-literatur yang berhubungan dengan judul. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Teknologi AI ini digadang-gadang akan menjadi teknologi mutakhir yang dapat memberikan informasi dan pengetahuan dari hasil analisis mandiri selayaknya seperti manusia. Dalam konteks perubahan  pastinya teknologi tersebut akan mempengaruhi keadaan dan kebiasaan dari orang atau Lembaga yang menggunakannya. Maka akan muncul dampak positif dan dampak negatif yang akan menyertainya. Disinilah peran Manajemen Perubahan sebagai sikap adaptif  dan Manajemen Risiko sebagai pengontrol dan pembatas Lembaga Pendidikan Islam terhadap kemajuan teknologi berupa teknologi artificial intelligence (AI).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...