Kebijakan Kurikulum merdeka yang dianggap sebagai langkah dalam menggapai pendidikan yang berkualitas masih jauh dari pemahaman para stakeholder pendidikan. Sehingga tujuan penelitian dalam pengabdian masyarakat ini ialah pendampingan (workshop) pengembangan manajemen pembelajaran dalam mengaktualisasikan kurikulum merdeka di SMA An-Nur Malang. Metode penelitian menggunakan action research model yang bermanfaat untuk memfasilitasi dan memotivasi agar komunitas sekolah khususnya guru-guru mampu menyusun strategi dan metode yang tepat untuk memecahkan permasalahan para guru dalam mengembangkan manajemen pembelajaran pada implementasi merdeka belajar dan menyusun rencana aksi berdasarkan prioritas, dan keberlanjutan program melalui tahapan-tahapan hingga mencapai target yang diharapkan. Sebagai tindak lanjut dari penyelenggaraan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pendampingan pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA An Nur Bululawang Malang, sekolah perlu meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang kurikulum merdeka melalui pelaksanaan workshop yang dipraktekkan langsung oleh tenaga tutor serta fasilitator yang sangat mumpuni. Sehingga tujuan nasional pendidikan melalui penerapan kurikulum merdeka belajar akan dapat dicapai serta mampu menciptakan lulusan yang kompeten sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sampai saat ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024