EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Analisis Kepatuhan Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah Pasca diterapkannya Kebijakan Full Day School

Natassya Elwina (STKIP Singkawang Indonesia)
Dian Mayasari (STKIP Singkawang Indonesia)
Wasis Suprapto (STKIP Singkawang Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan gambaran kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah di SDN 04 Singkawang pasca diterapkannya kebijakan full day school; 2) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat di SDN 4 Singkawang pasca diterapkan kebijakan full day school; 3) Mengetahui strategi agar siswa kelas IV mematuhi tata tertib di SDN 4 Singkawang. Penelitian dilaksanakan di SDN 4 Singkawang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Gambaran kepatuhan siswa kelas IV terhadap tata tertib sekolah pasca diterapkan kebijakan full day school yaitu pada ketaatan siswa terhadap kegiatan belajar siswa sudah patuh mendengarkan guru menjelaskan, membawa peralatan sekolah, dan mengerjakan tugas; ketaatan siswa terhadap peraturan sekolah, siswa sudah mematuhi menggunakan seragam sesuai dengan jadwal, rambut pendek dan rapi, dan hadir tepat waktu; pada mengucapkan salam dan berdoa, sebelum dan sesudah belajar rutin dilaksanakan kegiatan mengucapkan salam dan berdoa; ketaatan siswa terhadap melaksanakan Shalat, rata-rata siswa mengikuti Shalat namun masih terdapat  siswa yang tidak mengikuti Shalat. Pelanggaran yang terjadi hanya pada pelanggaran jenis ringan; 2) Faktor pendukung kepatuhan meliputi: faktor guru, hukuman dan pemberian hadiah. Sedangkan faktor penghambat kepatuhan meliputi faktor kurangnya keinginan untuk patuh dan faktor teman: 3) Strategi agar siswa kelas IV patuh terhadap tata tertib yaitu media papan berbuat baik dan berbuat salah, ceramah, dan pemberian hukuman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...