EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Peningkatan Pemahaman Kemampuan Gerak Dasar Tari Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dengan TEDOPA

Prastiwi, Danik Dwi (Unknown)
Susanto, Muh Rustono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul peningkatan pemahaman kemampuan gerak dasar tari melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan Tedopa. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas tinggi tentang gerak dasar tari di SD Negeri Wilayu terbukti dengan hasil observasi guru dari 86 siswa hanya 24 siswa (28%) yang memahami teknik-teknik gerak dasar menari dengan benar sedangkan sisanya 62 siswa (78%) memiliki pemahaman rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode Tedopa sebagai upaya meningkatkan kemampuan gerak dasar tari melalui kegiatan ekstrakurikuler. Subjek penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Wilayu Kelas tinggi. Metode yang digunakan adalah komparasi yaitu dengan membandingkan hasil sebelum penerapan dan sesudah penerapan. Setelah SD Negeri Wilayu melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler seni tari, siswa semakin memahami dan dapat mempraktikan gerakan tari dengan benar. Ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai seni tari siswa di SD Negeri Wilayu. Sebelum dilaksanakan kegiatan ekstrakurikuler seni tari, rata-rata nilai siswa 65,79 dan setelah dilaksanakan rata-rata meningkat menjadi 88,98. Kesimpulannya adalah metode Tedopa mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas tinggi SD Negeri Wilayu tentang gerak dasar tari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...