EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Penggunaan Aplikasi AkuPintar.Id Untuk Mengetahui Gaya Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin

Jannah, Raudah (Unknown)
Cahyadi, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gaya belajar peserta didik melalui aplikasi Akupintar.id pada siswa di SMA 1 Muhammadiyah Banjarmasin. Pengetahuan seorang pendidik dengan gaya belajar peserta didiknya tentu sebagai kunci menuju keberhasilan dalam belajar. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik di SMA 1 Muhammadiyah Banjarmasin yang berjumlah 46 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket gaya belajar yang sudah dimuat pada aplikasi Akupintar.id.  selanjutnya teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwasanya peserta didik di SMA 1 Muhammadiyah Banjarmasin memiliki kecendrungan gaya belajar kinestetik. Dari jumlah keseluruhan peserta didik, yakni 47 orang, 11 diantaranya mempunyai gaya belajar visual deengan rincian Keelas X 2 Oerang, Keelas XI 6 oerang, dan Keelas XII 3 oerang, 9 peserta didik mempunyai gaya belajar auditori deengan rincian Keelas X 3 oerang, Keelas XI 4 oerang dan Keelas XII 2 oerang., dan 26 orang peserta didik mempunyai gaya belajar kinestetik deengan rincian keelas X 4 oerang Keelas XI 8 oerang dan Keelas XII 14 oerang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...