Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana menerapkan teknologi augmented reality di dalam pembelajaran komponen robotika. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan teknologi augmented reality bermanfaat sebagai salah satu media pembelajaran dalam bidang pengenalan komponen robotika. Pada penelitian ini, sistem yang dihasilkan berupa aplikasi yang dapat menampilkan objek tiga dimensi dalam dunia nyata melalui layar smartphone. Dalam perancangan aplikasi ini, menggunakan perangkat lunak Blender untuk membuat model tiga dimensi dan menggunakan perangkat lunak Unity yang menggunakan bahasa pemrograman C#. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan Model Dick and Carrey agar produk perangkat lunak yang dirancang pada penelitian ini dapat divalidasi secara akademik dan ilmiah. Penelitian ini juga menggunakan metode pemodelan berorientasi objek, dengan menggunakan tools UML (Unified Modeling Language) untuk memvisualisasikan, merancang dan mendokumentasikan sistem. Aplikasi ini memanfaatkan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android sehingga memudahkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dimanapun mereka berada. Aplikasi pembelajaran ini akan diberi nama "ARKRo (Augmented Reality Komponen Robotika)". Bardasarkan uji coba yang dilakukan, hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa aplikasi augmened reality komponen robotika bisa berjalan dengan baik, karena pembuatan objek tiga dimensi, animasi, serta script kode sudah dilakukan dengan benar. Objek tiga dimensi dapat muncul pada marker, dan tombol yang terdapat pada menu telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi tiap tombol. Kata Kunci : Augmented Reality, Komponen Robotika, Android, Objek Tiga Dimensi.Â
Copyrights © 2015