Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupaya meningkatkan kemampuan para pelaku usaha rumah tangga (home industry) untuk menginovasikan produk yang dihasilkan menjadi produk yang dapat menjadi unggulan dan menjadi ciri khas Desa Kedunglo, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Kurangnya inovasi produk pada produksi tape di Desa Kedunglo membuat pendapatan para pelaku usaha kurang meningkat karena hanya dapat dipasarkan di sekitaran desa saja. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T Universitas Muhammadiyah Purworejo, diperoleh masukan bahwa perlunya sosialisasi dan pelatihan pembuatan inovasi produk, branding serta pemasaran. Pada kegiatan ini, tim melakukan observasi awal, sosialisasi pembuatan inovasi produk, pelatihan pembuatan inovasi produk, sosialisasi pengemasan produk, sosialisasi branding dan pemasaran produk, dan melakukan pendampingan. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini menghasilkan dampak positif yaitu para pelaku usaha menjadi lebih kreatif dan inovatif serta menjadi sadar bahwa inovasi dan branding produk sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas hasil produksi mereka. Kata Kunci: home industry, inovasi produk, sosialisasi, pelatihan, branding, pemasaran
Copyrights © 2023