Perpustakaan sekolah adalah tempat yang menyediakan koleksi literatur bagi pendidikan di sekolah. Penilaian perpustakaan sekolah bertujuan untuk memotivasi perpustakaan sekolahnya. Untuk itu perlu dirancang suatu Sistem Perangkingan Perpustakaan Sekolah, sehingga sistem ini dapat menentukan hasil penilaian tepat dan cepat dengan perhitungan yang lebih akurat. Tujuan dari sistem ini adalah untuk membantu tim penilai dalam melakukan penilaian perpustakaan sekolah, sehingga memudahkan mengetahui bobot kriteria penilaian serta mengetahui alternatif terbaik. Untuk penilaian tersebut, dibutuhkan suatu metode yang dapat melibatkan banyak komponen atau kriteria yang dinilai. Metode sistem pendukung keputusan yang multikriteria antara lain yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). AHP digunakan untuk mendapatkan nilai terbobot dari kriteria penilaian, sedangkan TOPSIS digunakan untuk melakukan perangkingan berdasarkan pertimbangan nilai kriteria. Hasil dari penilaian perpustakaan sekolah menjadi lebih akurat karena  berdasarkan proses perhitungan menggunakan kombinasi metode yang tepat yaitu metode AHP dan TOPSIS. Tiap kriteria penilaian perpustakaan diberikan bobot penilaian sesuai dengan kriteria yang dianggap lebih penting, serta mempertimbangkan nilai keuntungan dan kerugian untuk dijadikan patokan dalam melakukan perangkingan.Kata Kunci : Penilaian, Perpustakaan Sekolah,  AHP, TOPSIS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015