Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5, No 2 (2023): BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat

PENTINGNYA PEMASARAN DAN BRANDING BAGI PARA PELAKU UMKM (STUDI KASUS PELAKU UMKM DESA TOAPAYA SELATAN)

Muhammad Rizki (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Fatahuddin Fatahuddin (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Suriyati Suriyati (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Oktario Saputra (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Wahyu Rizki R (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Heryanto Heryanto (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
M. Oji Akbar (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
M. Ramadhan (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Lili Lili (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Saras Pravita N. (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Irsyadi Syukri (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Rezeky Dwi J. (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Asrhie Kurnia N. (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Tri Melda H. (STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have an important role in improving the Indonesian economy. MSMEs were not affected by external pressures so they were able to survive and grow when the crisis hit in 1998. Marketing is the ability of a person or a managerial effort to make a person or a group obtain what they want by offering or exchanging products with other valuable parties. The digital marketing media that is often used is Google Business. The method of activity carried out is outreach to MSME actors in preparing good and effective marketing plans and providing information on how to market products online and offline and providing an understanding of how to make a product branding so that it can be recognized by many consumers. The results of the service got good results by the participants who took part in the bazaar activities carried out by students of the STIE Pembangunan Tanjungpinang KKN. Keywords : Marketing, Branding, Logo and MSMEs ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. UMKM tidak terpengaruh oleh tekanan eksternal sehingga mampu bertahan dan tumbuh ketika krisis melanda tahun 1998. Pemasaran adalah kemampuan seseorang ataupun suatu usaha manajerial yang membuat seseorang atau suatu kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan melakukan penawaran maupun melakukan pertukaran produk kepada pihak lain yang berharga [5]. Salah satu media digital marketingyang sering digunakan adalah Googe Bisnis. Metode kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi kepada para pelaku UMKM dalam menyusun rencana pemasaran yang baik dan efektif serta memberikan informasi mengenai bagaimana masarkan produk secara online maupun offline serta memberikan pemahaman bagaimana membuat suatu branding produk agar bisa dikenal oleh banyak konsumen. Hasil dari pengabdian mendapatkan hasil yang baik oleh peserta yang ikut dalam kegiatan bazar yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN STIE Pembangunan Tanjungpinang. Kata kunci : Pemasaran, Branding, Logo dan UMKM

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh LPPM STIE AAS. Terbit pertama pada bulan Oktober 2019. BUDIMAS memuat hasil pengabdian kepada masyarakat dalam segala bidang. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, ...