Pendidik di seluruh Indonesia baik guru maupun dosen diwajibkan oleh pemerintah untuk dapat mendesiminasikan karya tulisnya yang merupakan hasil penelitian yang salah satunya dari pengalaman mengajar ke dalam bentuk artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Namun karya ilmiah tentunya harus mengikuti trend kurikulum yang sedang berjalan saat ini yaitu pembelajaran berbasis high order thinking skills (HOTS) di kurikulum merdeka belajar. Untuk menjawab kewajiban tersebut maka pelatihan penulisan artikel ilmiah perlu dilaksanakan. Subyek kegiatan adalah guru SDN Denanyar I Jombang, dengan target kegiatan meningkatnya pemahaman guru dalam membuat artikel ilmiah berbasis high order thinking skills (HOTS) di kurikulum merdeka belajar. Kegiatan ini diikuti oleh 19 orang guru yang berasal dari SDN Denanyar I. Melalui kegiatan pengabdian yang telah dilakukan memiliki tiga hal yang ditingkatkan yaitu (1) pengetahuan guru tentang karya tulis ilmiah (2) penguatan HOTS berbasis kurikulum merdeka dan (3) motivasi guru-guru untuk mulai mempublikasikan karya tulis ilmiah berupa artikel ilmiah di jurnal. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan pemahaman tentang karya tulis ilmiah, alasan mengapa guru harus membuat karya ilmiah, konsep karya tulis ilmiah, dan proses menulis karya ilmiah, Kesimpulan dari kegiatan pendampingan ini adalah meningkatnya pemahaman guru dalam membuat artikel ilmiah berbasis HOTS serta keinginan dalam membuat artikel cukup tinggi. Kendala yang dihadapi guru dalam pembuatan artikel ilmiah adalah kurangnya referensi dan pembiasaan diri dalam menulis karya ilmiah.
Copyrights © 2023