Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan tentang perlunya memberikan pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi dan kecerdasan istimewa. Hal ini dilakukan agar potensi yang ada pada peserta didik dapat berkembang secara optimal dan pada gilirannya memberikan kesempatan bagi mereka untuk tumbuh menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri. Oleh karena itu, perlu dikembangkan keunggulan yang dimiliki oleh setiap siswa agar potensi yang dimiliki dapat dikonversi menjadi prestasi yang unggul. Akan tetapi,  dalam melakukan seleksi  penerimaan siswa kelas unggulan  tersebut  tentu  akan  mengalami kesulitan karena banyaknya pelamar siswa kelas unggulan  dan banyaknya kriteria yang digunakan untuk menentukan keputusan penerimaan siswa kelas unggulan yang sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengambilan keputusan guna membantu, mempercepat dan mempermudah proses pengambilan keputusan. Salah satu pendekatan yang banyak digunakan dalam menyelesaikan persoalan pemilihan alternatif adalah Analytic Hierarchy Process (AHP). AHP dapat menyelesaikan masalah yang menggabungkan data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Namun dalam memberikan penilaian dengan menggunakan skala saaty sering dianggap menjadi kelemahan dalam AHP. Karena dalam memberikan penilaiannya, pengambil keputusan lebih yakin memberikan penilaian dalam interval daripada memberikan penilaian dengan angka-angka pasti yang ada dalam skala saaty. Dengan demikian, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode AHP dalam menetapkan prioritas penerimaan siswa kelas unggulan. Hasil dari sistem ini alah ranking siswa yang layak masuk ke kelas unggulan Kata kunci :  Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Kelas Unggulan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015