Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 2 (2024): Journal Of Human And Education (JAHE)

Optimasi Pemasaran Digital Dan Media Sosial Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Desa Ngargoretno

Pinontoan, Nexen Alexandre (Unknown)
Ramadhona, Cantika Faiza (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2024

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sangat berperan penting dalam perkembangan ekonomi suatu daerah. Salah satu upaya mengembangkan sebuah UMKM adalah dengan cara memanfaatkan media sosial sebagai pemasaran digital. tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman serta cara pengelolaan media sosial kepada penggiat UMKM yang ada di Desa Ngargoretno. Media sosial adalah cara yang tepat untuk menarik pelanggan, dengan penggunaan yang terbilang mudah, dan biaya periklanan yang murah. Tim pengabdian masyarakat termotivasi untuk memperkenalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi karena minimnya pemahaman digital marketing oleh penggiat UMKM Hasil dari program sosialisasi kepada penggiat UMKM di wilayah Desa Ngargoretno ini berdampak positif untuk mereka yang ingin berpartisipasi. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan, pengetahuan, kualitas, jumlah, dan jenis produk serta peningkatan omset.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...