DEDIKASI PKM
Vol. 5 No. 1 (2024): DEDIKASI PKM UNPAM

Upaya Peningkatan Pemasaran dan Branding Melalui Digital Marketing Oleh Pelaku UMKM di Desa Pendreh

Asmawati, Asmawati (Unknown)
Alamsyah, Sukron (Unknown)
Maulida, Sarinah (Unknown)
Kamaliah, Nor (Unknown)
Damayanti, Anisa (Unknown)
Pratama, Yogi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Desa Pendreh, yang terletak di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia, memiliki potensi besar dalam sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Beberapa sektor UMKM, seperti produksi makanan ringan dan kerajinan rotan, menjadi tulang punggung ekonomi desa ini. Namun, pelaku UMKM di Pendreh menghadapi sejumlah kendala yang perlu diperhatikan. Kendala utama termasuk pemahaman yang terbatas tentang pentingnya branding produk dalam pemasaran, kurangnya pemahaman tentang identitas usaha, dan kesulitan dalam mencapai pasar yang lebih luas. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, Kelompok KKN 23 dari IAIN Palangkaraya menginisiasi program untuk memberikan sosialisasi tentang pemasaran digital dan desain logo bagi pelaku UMKM di Desa Pendreh. Hasilnya adalah pemahaman yang ditingkatkan di antara pelaku UMKM tentang strategi pemasaran modern dan cara efektif dalam membangun merek produk mereka. Mereka juga berhasil memanfaatkan media digital untuk mempromosikan dan menjual produk mereka. Program ini berhasil dilaksanakan dengan antusiasme tinggi dari pelaku UMKM yang berpartisipasi. Sosialisasi pemasaran digital ini tidak hanya membantu membangun merek produk, tetapi juga berkontribusi secara signifikan pada pertumbuhan ekonomi keseluruhan Desa Pendreh. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang strategi pemasaran modern, UMKM dapat bersaing lebih efektif dan meningkatkan penjualan produk mereka, memberikan dampak positif pada ekonomi desa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DKP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan ...