Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 7 No 2 (2023): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Q Method Intervention as Anxienty Therapy: A Case Study in Ponpes Al Quran Shalahuddin Al Ayyubi Kulonprogo

Kusumawati, Ratu (Unknown)
Mufid, Moh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Kecemasan merupakan masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang dan dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Al Quran diketahui memiliki fungsi sebagai terapi penyembuhan mental seperti kecemasan. Sebagai terapi mental berbasis Al Quran, Metode Q pertama kali digunakan di Ponpes Al Quran Shalahuddin Al Ayyubi Kulonprogo sebagai salah satu cara untuk mengatasi kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali metode Q dengan detail dalam hubungan nya dengan kecemasan, memahami metode Q sebagai kontektualisasi dari Q.S.Al-‘Alaq [1], memaparkan langkah-langkah metode Q, dan mengetahui penerapan serta efektivitas metode Q dalam mengatasi kecemasan pada santri Ponpes Al Quran Shalahuddin Al Ayyubi Kulonprogo. Penelitian ini menggunakan metode kajian fenomena dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Q efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan santri. Dimana efektivitas metode Q lebih tinggi pada santri yang menjalankan metode Q dengan penuh dan berani terbuka terhadap orang tua, selalu melaporkan kendala dan perkembangan kepada pembimbing, serta melakukan aktivitas bersosial dan berdinamisasi dengan teman-teman nya. Selain itu, metode ini juga membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mental mereka, sehingga mereka dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi. Pembaruan dalam penelitian ini terdapat pada efektivitas Metode Q dalam mengatasi kecemasan pada santri

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...