Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Elisa Putri Kholifah (Universitas Ahmad Dahlan)
Farid Setiawan (Universitas Ahmad Dahlan)
Nurul Lahdilah Fitri (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Implementasi Pendidikan memiliki arah tujuan agar terealisasinya kebijakan Pendidikan yang telah di ciptakan. Kajian mengenaikebijakan Pendidikan ini memiliki tujuan agar terdeskripsi secara tertulis mengenai proses implementasi kebijakan termasuk dalam hal Pendidikan. Pada pelaksanaannya Implementasi kebijakan Pendidikan adalah rangkaian kegiatan yang saling berkaitan dengan ke administrasian sebagai pertanggung jawaban dari pelaksanaan sebuah program yang di dalamnya mengandalkan kebijakan. Proses dari implementasi Pendidikan saling terkait antara satu factor dengan factor lain, seperti factor politik, sosial, hukum dan ekonomi yang baik secara langsung atau tidak akan mempengaruhi tingkah laku berbagai pihak pelaksana program. Dalam pelaksanaanya implementasi perlu memperhatikan prosesnya, perlu dipertimbangkan strategi serta pendekatan yang digunakan, tahapan perumusan, kecukupan serta kelengkapan dari administrasi. Hal ini demi terwujudnya keberhasilan dalam mengimplementasikan kebijakan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian studi Pustaka ataulibrary research. Data penelitian berupa artikel-artikel ilmiah yang tentu berhubungan dengan peimplementasian kebijakan Pendidikan, didukung data yang terkumpul dan di anlisis iisi dari artikel tersebut.    

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Muaddib

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to ...