AL JABAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol. 2 No. 1 (2023): Januari

PENGARUH lNTENSlTAS MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X MA MA’AHID KALIWUNGU KUDUS

Lina 'Inayatun Nafiah (IAIN Kudus)
Fina Tri Wahyuni (IAIN Kudus)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini memiIiki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh intensitas menghafaI AI-Qur’an terhadap kecerdasan logis matematis dan kecerdasan emosional siswa. Jenis peneIitian ini termasuk daIam peneIitian koreIasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel peneIitian berjumlah 30 siswa yang dipilih melalui teknik simpIe random sampIing. Data peneIitian diperoIeh meIalui angket, tes dan dokumentasi yang selanjutnya diuji normalitas dan linearitasnya sebagai syarat sebelum dilakukan analisis regresi linier sederhana. HasiI peneIitian menunjukkan adanya pengaruh intensitas menghafal AI-Qur’an terhadap kecerdasan logis matematis sebesar 68,2% dan intensitas menghafal AI-Qur’an terhadap kecerdasan emosionaI sebesar 37,5% sehingga semakin tinggi intensitas menghafaI AI-Qur’an maka akan meningkatkan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan emosionalnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Jabar

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al Jabar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika is an open access and peer-reviewed journal of Mathematics and Mathematics Education published by the Prodi Tadris Matematika STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year (June and December) in both print and online ...