Malcom: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science
Vol. 4 No. 1 (2024): MALCOM January 2024

Pemanfaatan Roblox sebagai Media Promosi Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep: Using Roblox As A Promotional Media Metaverse School SMP Negeri 3 Sumenep

Alinata, Rusydi Hafidz (Unknown)
Marsudi, Marsudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep untuk mengatasi stigma negatif dan meningkatkan ketertarikan calon siswa SD/MI di Kecamatan Kota Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Design Thinking. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis SWOT dan menghasilkan konsep strategi media promosi bernama Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep. Hasil validasi menunjukkan persentase 84,375% yang berarti media sangat valid, serta hasil uji coba mendapatkan nilai persentase di atas 70% untuk setiap kategori yang berarti media dinyatakan valid. Dengan pemanfaatan media promosi ini, SMP Negeri 3 Sumenep dapat menjadi pelopor Sekolah Metaverse di Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah memperhatikan literasi, eksplorasi, dan dampak yang dihasilkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

malcom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science is a scientific journal published by the Institut Riset dan Publikasi Indonesia (IRPI) in collaboration with several Universities throughout Riau and Indonesia. MALCOM will be published 2 (two) times a year, April and October, each ...